penemuan harimau hitam

Penemuan Harimau Hitam di India Buat Gempar Warga

Penemuan harimau hitam yang populasinya sangat sedikit sehingga termasuk ke dalam spesies langka baru saja kejadian di India. Sontak, warga sekitar menjadi heboh dan gempar karena spesies harimau hitam terakhir kali terlihat sudah belasan tahun lamanya tak muncul seakan menghilang ditelan zaman.

Adalah Soumen Bajpayee, seorang fotografer yang baru – baru ini berhasil mengabadikan momen langka tersebut dalam jepretan kameranya. Jenis harimau berkulit melanistik tersebut akhirnya diamankan dan dibawa ke penangkaran agar tidak menjadi buruan para pengincar kulit harimau dan menjualnya di pasar gelap.

Penemuan Harimau Hitam di India Buat Gempar Warga

Foto harimau itu sebenarnya sudah diabadikan setahun lalu, namun entah mengapa nampaknya publik mulai tertarik kepadanya belakangan terakhir. Harimau berkulit melanistik merupakan jenis paling langka karena lorengnya terdominasi oleh warna serba hitam, sehingga membedakan penampilannya daripada harimau benggala.

Harimau hitam ini nasibnya sudah di ujung tanduk karena sedang menuju pada kepunahan sebab populasinya jatuh secara siginifikan. Sang fotografer yaitu Bajpaye sebetulnya merupakan penghuni pribumi asal Panskura dari Benggala bagian barat, ia mengaku mendapatkan keberuntungan tiada terkira bahkan tak menyangka akan viral.

Siang hari itu, Bajpayee hendak melakukan aktifitasnya seperti biasa yaitu ingin mengambil gambar tentang keseharian burung hutan. Di tengah kegiatannya, tiba – tiba saja ia dikagetkan oleh kemunculan seekor harimau dengan warna loreng hitam mendominasi sekujur tubuhnya sehingga menarik perhatian.

Penemuan Harimau Hitam Menjadi Peristiwa Besar 2020 di India

Bajpayee yang awalnya tidak menyadari kehadiran sang harimau, seperti tersadar dari lamunannya begitu memperhatikan corak hewan tersebut dengan seksama. Seketika itu juga ia mengalihkan pandangannya dari kawanan burung serta monyet menjadi kepada si raja hutan namun tanpa memiliki kerajaan tersebut.

Secepat kilat ia meraih kamera digital yang lebih ringkas keluar dari dalam tasnya lalu bergerak secepat mungkin untuk memotret harimau tersebut. Bajpaye mengaku sebelumnya seringkali telah melihat harimau berkeliaran di hutan, namun yang berloreng serba hitam baru kali ini ia lihat sepanjang hidupnya.

Penemuan Harimau Hitam Menjadi Peristiwa Besar 2020 di India

Ia begitu senang sekaligus bersemangat karena belum pernah mendapati momen langka sebagai fotografer seperti itu. Bahkan fotografer profesional sekalipun belum tentu dapat menerima keberuntungan sebesar dirinya sehingga seakan meraih sebuah kehormatan khusus sebagai pemotret harimau hitam.

Foto yang menunjukkan tubuh cantik sang harimau hitam tersebut kini tengah viral di ranah sosial media dan menuai berbagai pujian dari para netizen. Sekedar mengingatkan, ini menjadi bukti bahwa seharusnya kita mesti membantah rasisme kulit hitam karena terbukti harimau berwarna hitam malah menjadi primadona baru di dunia maya.

Kondisi harimau hitam sebenarnya begitu mengkhawatirkan karena seringkali berkonfrontasi dengan manusia yang serakah ingin mengeruk harta dengan cara cepat. Kulit harimau hitam yang langka akan bernilai miliaran rupiah sehingga nyawa mereka pastinya akan senantiasa terancam di alam bebas sekalipun.

Hampir Punah Karena Sering Menjadi Buruan Pedagang Pasar Gelap

Penemuan harimau hitam sangat jarang terjadi, manakala pertama kalinya terlaporkan berada di cagar alam daerah India, Odisha tahun 1993. Empat belas tahun setelahnya, ia baru ditemukan kembali pada 2007 sedang berkelana seorang diri menyusuri hutan belantara yang rindang dan jauh dari campur tangan manusia.

Kabar baik baru muncul sekian tahun berikutnya, yaitu proses melahirkannya seekor harimau betina di suaka margasatwa Nandankan. Harimau tersebut memperanakkan empat ekor harimau bayi, di mana dua dari mereka berwarna melanistik bercorak serba kehitaman memenuhi tubuhnya.

Penemuan Harimau Hitam Hampir Punah Karena Sering Menjadi Buruan Pedagang Pasar Gelap

Dua ekor harimau hitam yang masih kecil itu langsung dipisahkan setelah selesai masa menyusui oleh induknya dan dibesarkan secara penuh perhatian. Lebih lanjut lagi, anak – anak tersebut pun masuk dalam pantauan para pemelihara hewan liar lewat CCTV supaya terjamin pertumbuhannya.

Sekitaran usia satu tahun, harimau hitam tersebut dilepaskan ke habitat aslinya dan dibiarkan tumbuh secara natural tanpa campur tangan umat manusia. Kabar baiknya adalah, suaka margasatwa Nadankanan memnag berlokasi di dalam hutan belantara sehingga sang harimau tidak perlu bersusah payah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Sayangnya, belum ada tanda – tanda bahwa harimau hitam itu memiliki kelompok karena hanya terlaporkan muncul seorang diri. Sulit sekali menjamin akan menemukannya kembali dalam beberapa tahun mendatang, karena jumlahnya hanya satu atau dua ekor paling banyak di alam liar seperti hutan India.

Leave a Comment