Warna Hitam Dalam Berbagai Kebudayaan

Warna Hitam Dalam Berbagai Kebudayaan

Dalam berbagai kebudayaan di seluruh penjuru bumi, warna hitam menjadi manifestasi dari segala pribadi serba jahat, kelam, buruk, hingga kematian. Ketika memberikan sebuah perumpamaan, sosok antagonis kerap kali digambarkan dengan warna hitam. Saking terlalu sering suatu literasi menghubungkan hitam dengan keburukan, alam bawah sadar kita merekamnya sebagai sebuah fakta.

Paling ekstrimnya, warna hitam seolah-olah adalah jelmaan dari iblis itu sendiri. Untuk menggambarkan istilah jelek pun kita menyelipkan kata hitam padanya. Misalnya saja seperti blackmail, blacklist, atau black campaign. Seperti kita baca barusan, hampir tidak ada penyebutan bermakna positif ketika terdapat kata ‘hitam’ di dalamnya. Memangya, apa sih salah si hitam sampai dikucilkan sedemikian parahnya?

Warna Hitam Dalam Berbagai Kebudayaan1
Jika memandang dari sudut pandang objektif, penggunaan warna hitam memberikan kesan berkelas, anggun, serta elegansi. Beragam macam busana fashionable kebanyakan memanfaatkan warna hitam sebagai sarana untuk meningkatkan level dari selera berpakaian. Coba anda perhatikan, kebanyakan pakaian resmi seperti jas, kemeja, gaun, sepatu, hingga dasi, semuanya paling sering berwarna hitam.

Warna ini memiliki sifat netral sehingga dapat dipadu padankan dengan warna lain yang termasuk paling kontras sekalipun. Hebatnya, hitam selalu bisa membaur di berbagai tema warna mana saja. Dan bukan cuma itu, memasukkan unsur hitam ke dalam suatu komposisi warna, dapat menebalkan karakter yang ingin ditonjolkan olehnya.

Hitam Adalah Sebuah Warna Ajaib

Hitam adalah sebuah warna ajaib di mana memungkinkan ia untuk melebur ke semua macam design. Karakteristiknya yang low profile mampu menguatkan kesan atas warna utama pada design tersebut. Selain disebutkan di atas, sifat lain hitam antara lain seperti anonymous, mysterious, dan bersembunyi di balik bayang-bayang.

Ia merupakan interpretasi sempurna dari sebuah kepribadian mandiri dan berdikari. Dari sudut pandang ilmu pengetahuan, hitam merupakan wujud gabungan dari semua warna yang ada di dunia. Ia pun menjadi dominan ketika suatu ruangan memiliki akses cahaya yang minim atau bahkan nihil sama sekali. Hitam adalah penyembunyi semua warna di seluruh alam semesta dan jagat raya.

Hitam Adalah Sebuah Warna Ajaib

Melihat lewat sudut pandang psikologis, pencinta warna hitam punya kemampuan untuk mengontrol kuasa. Keberadaannya sangat intimidatif, jauh dari kesan humble, serta sulit bagi orang lain untuk mendekatinya. Ketika seorang tenaga pemasar gemar mengenakan pakaian serba hitam, kemungkinan besar ia merupakan sosok penjual handal dan sukses.

Sebagai konsekuensi, bisa jadi lingkup pertemanannya sangat terbatas, kalau tidak bisa dibilang sedikit. Ada aura otoriter serta haus akan hasrat untuk menguasai segala sesuatu, lengkap dengan penebaran teror di mana-mana. Selain itu, penyuka warna hitam cenderung punya sikap disiplin tinggi, independen, dan juga ambisius.

Warna Hitam Memancarkan Keseksian

Seakan tak cukup dengan semua kelebihan barusan, warna hitam pun ternyata mampu memancarkan keseksian bagi jiwa penggoda. Ketika lingerie hitam dipakai oleh seorang wanita dewasa, kesan yang timbul adalah rasa penasaran dan selalu sukses membuat si dia jatuh ke dalam pelukan.

Saat beranjak usia remaja, kita memiliki dorongan untuk memakai busana serba hitam dalam berkegiatan sehari-hari. Kelakuan itu merupakan naluri alamiah karena melibatkan insting natural seorang manusia yang sedang menuju tahap dewasa. Mereka punya dunianya sendiri di mana tidak ingin diganggu orang asing, sehingga identitas serba hitam membantunya mengisolasi diri.

Warna Hitam Memancarkan Keseksian

Kendati demikian, jika kebiasaan ini berlanjut sampai melewati tahap kematangan usia, keseringan memakai hitam berpotensi ada pertanda gangguan psikologis. Kemungkinan orang tersebut memiliki sifat murung dan kesepian, seraya memberi sinyal samar-samar menandakan ia butuh pertolongan. Cara menetralisirnya adalah dengan menambahkan warna cerah sebagai pendamping hitam yang kelam.

Bagi anda yang punya perawakan tubuh besar atau melebar, warna hitam akan membantu menimbulkan efek ramping dan langsing. Bahkan, potongan pola yang tepat pada pakaian dapat menghasilkan impresi seakan tubuh pemakainya proporsional. Maka dari itu, pekerja profesional di acara formal jauh lebih meyakinkan saat berbusana penuh aksen serba hitam. Perlu diingat, menjadi catatan khusus bahwa warna ini tidak cocok bagi mereka yang sedang berusaha menarik perhatian di keramaian.

Leave a Comment